PPID Utama Solok Selatan Dorong Optimalkan PPID Pada Tingkat Nagari

loading Photo: ppid.sumbarprov.go.id

Padang Aro – Dalam rangka melakukan pembinaan terhadap pelayanan informasi di tingkat nagari se-Solok Selatan, Dinas Kominfo Solok Selatan selaku PPID Utama telah melayangkan surat kepada para wali nagari terkait pengoptimalan pelayan infomrasi publik.

Mengingat pentingnya pelayanan informasi publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, disampaikan hal-hal kepada jajaran nigari :

a. Pemerintahan nagari berkewajiban membentuk Pejabat Pengelola Informasi Publik (PPID) dalam mengelola dan memberikan akses layanan informasi kepada masyarakat.

b. Ketersediaan akses memperoleh dan mengakses informasi publik merupakan hak masyarakat.

c. Dalam memberikan layanan informasi publik berpedoman pada Peraturan Komisi Informasi Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa dan Peraturan Bupati Solok Selatan Nomor 23 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah kabupaten Solok Selatan.

d. Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Utama Kabupaten Solok Selatan akan melakukan koordinasi dan monitoring terkait penyediaan akses informasi publik pada nagari.

Aspek penyediaan dan pengoptimalan pelayanan informasi publik pada nagari agar terciptanya keterbukaan informasi dan terbentuknya pemerintahan tingkat nagari yang transparan dan akuntabel.