WUJUDKAN VISI MISI, SOLSEL LUNCURKAN PROGRAM SATU KELUARGA SATU SAPI (SUKASAPI)

loading Photo: ppid.solselkab.go.id

solselkab.go.id - Wujudkan visi misinya, Bupati Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat Khairunas beserta Wakil Bupati Yulian Efi secara resmi meluncurkan program Satu Keluarga Satu Sapi (SUKASAPI). Peluncuran dilakukan di lokasi Kelompok Tani Suka Damai, Jorong Bulantiak, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kec. Pauh Duo, Selasa (21/9/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Solok Selatan, Wakil Bupati, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Asisten, Staf Ahli, OPD, tujuh kelompok tani penerima manfaat dari tujuh kecamatan, penyuluh pertanian lapangan (PPL), serta ratusan undangan lainnya.

Bupati Solok Selatan Khairunas mengatakan bahwa realisasi visi misinya dengan Wabup Yulian Efi secara bertahap mulai direalisasikan. Selain rencana program sapi bantuan dari pemerintah pusat, Solok Selatan secara bertahap juga mulai menyalurkan program bantuan sapi yang berasal dari APBD Kabupaten. "Hari ini kita mulai menyalurkannya kepada Kelompok Tani di Kec. Pauh Duo sebanyak 20 ekor. Tahun ini, total disalurkan untuk 7 kelompok di 7 kecamatan, diluar bantuan pemerintah pusat, serta dana aspirasi beberapa anggota DPRD kita," ujar Bupati Khairunas.

Visi misi tersebut menurutnya telah disusun dan terintegrasi dengan program pemerintah propinsi dan juga pemerintah pusat, sehingga memudahkan sinkronisasi program antara satu dan lainnya.

Tambahnya, program SUKASAPI yang digulirkan Solok Selatan tersebut, merupakan program satu-satunya yang dimiliki oleh kepala daerah hasil pilkada langsung beberapa waktu lalu di Indonesia, yang bertujuan untuk memajukan ekonomi masyarakat Solok Selatan melalui sektor peternakan.

Kepada kelompok penerima manfaat dari tujuh kecamatan, Bupati berharap agar program sapi tersebut berjalan dengan lancar. "Jangan sampai gagal. Jika tahap pertama gagal, tentu akan menjadi evaluasi bagi kami semua. Ini juga merupakan pengalaman baru kita semua. Para Camat, Penyuluh, Wali Nagari, dan juga OPD terkait, kami instruksikan mengawasi dan mengontrol pelaksanaan program ini," ujar Bupati menginstruksi.

Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda mengatakan bahwa program tersebut merupakan program unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Kita akan lakukan evaluasi dan juga inovasi dalam pelaksanaan program ini. Selaku DPRD, selagi itu untuk kepentingan masyarakat, dan sesuai dengan RPJMD Kab. Solok Selatan, tentu akan terus dukung. Apalagi ini langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," terang Zigo.

Sementara itu, Plt. Kadis Pertanian Richi Amran mengatakan bahwa launching hari ini dilakukan sebagai awal penyaluran 140 ekor sapi melalui dana APBD Kabupaten. Sapi yang didatangkan secara bertahap tersebut, akan disalurkan kepada 7 kelompok tani yang berasal dari 7 kecamatan, dengan jenis sapi PO dan sapi bali. Kelompok tani tersebut yakni Tani Maju Bersama KPGD, Tani Karya Maju Sungai Pagu, Suka Damai Pauh Duo, Sarumpun Saiyo Sangir, Ranah Bukik Tareh Sangir Jujuan, Abai Sejahtera Bersama SBH, serta kelompok tani Bukit Batu Maju di SBJ. (sumber: humas)